Artikel Tentang Hand Lettering
PENDAMPINGAN
DALAM MENGEMBANGKAN CONTENT MARKETING
UNTUK PRODUK HAND LETTERING DESIGN DI
MEDIA SOSIAL
Permaisita
Tiara Suci
Manajemen
Universitas
Sarjanawiyata Tamansiswa
ABSTRAK
Sejatinya,
bisnis yang bisa menghasilkan keuntungan tidak hanya dari sektor makanan, namun
juga dari sektor kerajinan tangan, misalnya saja adalah hand lettering. Kebanyakan pebisnis di era ini, mulai melirik media
online untuk mempromosikan produknya.
Namun, untuk bisa menarik perhatian calon customer,
keberadaan content marketing yang
menarik juga sangat dibutuhkan. Novia, merupakan salah satu pebisnis hand lettering di daerah Tangerang yang
mempromosikan bisnisnya di Instagram dengan nama akun @nopi_coratcoret. Melihat
adanya potensi untuk semakin mengembangkan bisnisnya, maka Permaisita Tiara,
seorang mahasiswi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, yang sedang
menjalankan program pengabdian masyarakat berupaya untuk membantu mengembangkan
bisnis tersebut. Artikel ini merupakan paparan kegiatan yang dilakukan untuk
membantu Novia Indah dalam mengembangkan bisnisnya, dengan fokus utamanya yakni
menambah serta mengembangkan content
marketing.
Kata
kunci: Pemasaran online, Hand lettering design,
Media sosial, Content marketing
ABSTRACT
In fact, a business that
can generate profits is not only from the food sector, but also from the
handicraft sector, for example, is hand
lettering. Most business people in this era have started to look the
media online to promote their
products. However, to be able to attract the attention of potential customers, the existence of
interesting content marketing is
also very much needed. Novia, is a businessman hand lettering in the Tangerang area who promotes her business
on Instagram under the account name @nopi_coratcoret. Seeing the potential to
further develop her business, Permaisita Tiara, a student at Universitas Sarjanawiyata
Tamansiswa Yogyakarta, who is currently running a community service program, is
trying to help develop the business. This article is a description of the
activities undertaken to assist Novia Indah in developing her business, with
the main focus on adding and developing content
marketing.
Keywords: marketing online, hand lettering design, social media, content marketing
PENDAHULUAN
Produk makanan
dan minuman memang menjadi salah satu sektor yang paling banyak dan paling
mudah dijumpai di manapun, baik offline maupun
online. Jika dulu, produk makanan
mudah ditemui di swalayan, agen, hingga warung-warung kecil seperti klontong,
maka di zaman serba canggih ini, tentu untuk menemukan produk makanan akan
lebih mudah lagi. Bahkan kita tidak harus pergi keluar untuk membelinya, karena
telah tersedianya layanan delivery, e-commerce, hingga aplikasi online untuk memesan makanan.
Tergiur karena
keuntungan yang ditawarkan dari menjual produk makanan dan minuman tersebut,
banyak orang berlomba untuk ikut menjualnya juga. Padahal, sejatinya produk
yang bisa dijual dan mendatangkan keuntungan tidak hanya dari sektor makanan
dan minuman saja.
Nyatanya, sektor
kerajinan tangan (handicraft) juga
menawarkan keuntungan yang tak sedikit jika kita telaten menekuninya. Ada
banyak jenis usaha yang bisa dikembangkan dari sektor kerajinan tangan, salah
satunya adalah hand lettering.
Hand
lettering merupakan sebuah desain karya seni yang
digambar secara manual dengan tangan dan menggunakan unsur huruf (alfabet)
sebagai elemen utama dengan lebih dari 1 goresan (multiple strokes) dan ditulis dengan berbagai gaya serta metode
terlepas dari adanya aturan maupun batasan baku. Singkatnya, hand lettering ini merupakan seni
menulis huruf dengan indah. Di mana dalam pengaplikasiannya, media untuk hand lettering tidak terbatas hanya pada
kertas dan pensil saja, tetapi dapat menggunakan kuas, tinta, cat, kanvas,
kayu, kaca, besi hingga tembaga.
Salah satu
pebisnis hand lettering di Kabupaten
Tangerang, tepatnya di RT. 011, RW. 07, Desa Mekarsari, adalah Novia Indah.
Meski belum lama menjalankan bisnis ini, namun Novia telah menjual beberapa
produk hand lettering buatannya melalui
media sosial.
Novia adalah
seorang mahasiswi tingkat akhir di salah satu universitas swasta yang ada di
Jakarta. Berawal dari hobi dan keyakinan tinggi, ia akhirnya memutuskan untuk
memulai bisnis lettering dan
mengenalkannya di Instagram dengan nama akun @nopi_coratcoret.
Darisanalah, ia
mengenalkan desain-desain buatannya dan mulai dikenali oleh banyak orang. Meski
demikian, Novia mengatakan jika terkadang ia juga menemui kendala, seperti
misalnya saja adalah mencari konsep desain lettering
dan menambah content marketing untuk
bisnisnya.
Content
marketing sendiri adalah sebuah strategi marketing dalam membuat dan menyebarkan
konten yang berharga, relevan, serta konsisten untuk menarik perhatian
sekaligus membangun relasi yang kuat dengan para audiens atau calon customer.
Ada banyak sekali jenis-jenis konten yang bisa digunakan untuk strategi content marketing, selanjutnya tinggal
disesuaikan saja dengan minat dan keperluan untuk bisnis kita.
Dalam pemasaran online apalagi di zaman yang semakin
canggih ini, tampilan suatu bisnis atau content
marketing memang sangat menentukan. Dengan membuat content marketing yang menarik, orang-orang mungkin akan penasaran
dan akhirnya mencari tahu online shop kita.
Kurang lebih dengan cara demikian, kita bisa menarik lebih banyak customer.
Menghadapi hal
ini, Permaisita Tiara, Mahasiswi dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
Yogyakarta, dari Padepokan 48 yang sedang menjalankan kegiatan pengabdian
masyarakat di Desa Mekarsari, memiliki ide untuk mendampingi Novia Indah dalam
menambah content marketing untuk
bisnis hand lettering miliknya dengan
memanfaatkan teknologi seperti aplikasi online
serta Internet.
Rencana pendampingan untuk content marketing yang akan dibuat
adalah; konten tentang review produk
atau tool, quotes, dan puzzle feed Instagram.
Selain itu juga, membantu membuat slogan bisnis, memberi sedikit masukan untuk
mencantumkan nama akun Instagram di produk, serta menawarkan ide untuk membuat
desain lettering lain seperti lettering quotes.
HASIL DAN
PEMBAHASAN
Di masa
sekarang, Seni lettering cukup
menjamur di kalangan masyarakat, dimana seni lettering ini mulai booming sekitar
tahun 2015-an. Berawal dari munculnya Instagram
feed dari seorang seniman hand
lettering, selanjutnya mulai banyak karya hand lettering yang kemudian diaplikasikan dalam seni lettering quotes atau kata-kata mutiara
yang sering dijumpai sebagai elemen dekoratif untuk hunian, cafe, sekolah, dinding perkantoran,
hingga mural di ruang publik.
Di Tangerang
terdapat banyak seniman yang juga berkecimpung dalam dunia lettering. Para penggiat seni menggambar huruf ini kemudian
bergabung menjadi satu dalam Komunitas di Instagram dengan akun
@tangerang.menulis_ dan berperan sebagai
media untuk mengasah serta mengembangkan seni hand lettering di daerah Tangerang, baik Tangerang Kota, Kabupaten
Tangerang maupun Tangerang Selatan.
Salah satu
seniman hand lettering di Tangerang
adalah Novia Indah. Meski belum lama menggeluti secara serius bidang lettering, namun Novia berani untuk
memulai bisnis hand lettering yang
berbekal dari keyakinan dan rasa percaya diri tinggi. Terbukti, banyak orderan menghampirinya. Mulai dari
mendesain lettering untuk hadiah
ulang tahun, graduation, sampai
hadiah pernikahan yang dipasarkannya melalui media sosial seperti Instagram dan
WhatssApp.
Novia Indah
lahir di Jakarta, 21 tahun silam. Ia adalah seorang mahasiswi semester akhir di
salah satu universitas swasta yang ada di Jakarta. Beberapa orang di keluarga
besarnya adalah lulusan desain serta pecinta seni seperti dirinya. Sejak kecil,
ia sering iseng membuat catatan kecil di buku, serta menuliskannya dengan rapi
dan cantik agar enak untuk dibaca, ia juga suka sekali menggambar apapun yang
menurutnya bagus dan menarik. Kecintaannya terhadap seni lettering bertambah saat ia mulai masuk kuliah, berawal dari
iseng-iseng melihat postingan di Instagram sampai ia menemukan seni hand lettering
ini dan akhirnya semakin tertarik untuk mendalaminya.
Saat masih
sekolah dulu, ia sering memberi kado berupa lettering
hasil karyanya pada teman-teman, dan tak sedikit yang memberi respon positif
untuknya. Berangkat dari hal tersebut, ia akhirnya mulai merintis bisnis di
bidang jasa pembuatan hand lettering dengan
mengenalkan serta mempromosikan bisnisnya di Instagram dengan akun
@nopi_coratcoret. Perlahan namun pasti, bisnis yang dijalankannya sejak 4 bulan
lalu ini, mulai banyak peminatnya, dari remaja hingga dewasa.
Berikut merupakan beberapa postingan
produk yang ada di akun @nopi_coratcoret.
Gambar 1. Gambar
via Instagram @nopi_coratcoret
Desain yang satu ini, Novia berusaha
untuk membuatnya se-simple mungkin,
namun tetap menegaskan sisi elegan-nya.
Gambar 2. Gambar
via Instagram @nopi_coratcoret
Gambar 3. Gambar
via Instagram @nopi_coratcoret
Untuk desain
ulang tahun, Novia biasanya membuat desain yang masih tergolong simple namun ia sedikit memberi nuansa
ceria dengan tambahan gambar bunga berwarna cerah.
Biasanya, desain
dan konsep untuk lettering sudah
ditentukan sebelumnya oleh Novia, baru kemudian customer akan mengajukan request
seperti nama, atau tambahan gambar yang diinginkan.
Selanjutnya
untuk packaging, Novia biasanya
memasukkan desain lettering-nya ke
dalam bingkai foto untuk ukuran 25x20 cm, lalu menghiasnya dengan tali rami
yang diikat sedemikian rupa untuk mempercantik tampilannya.
Gambar 4. Gambar
via Instagram @nopi_coratcoret
Untuk harga,
Novia mematok harga yang bisa dibilang lumayan bersahabat di kantong. Ia memiliki
prinsip untuk tidak mematok harga yang mahal untuk produknya, yang terpenting
adalah kepuasan customer. Kalau customer-nya senang, ia tentu akan
lebih senang, dan hal itu membuatnya semakin bersemangat untuk menjalankan
bisnisnya. Produk utama yang dijual Novia adalah, gift lettering berbingkai. Namun terkadang ia juga menerima order untuk kartu ucapannya saja. Untuk
kartu ucapan, ia mematok harga sekitar Rp. 4.000,- dan itu sudah termasuk tulisan lettering-nya. Sedangkan untuk gift lettering
berbingkai, ia mematok harga sekitar Rp. 45.000,- per desain yang sudah lengkap dengan bingkai
serta kartu ucapan, lalu dikemas cantik dengan tali rami dan di-pack dengan tote bag unik.
Untuk satu
produk lettering jadi, biasanya Novia
membutuhkan waktu satu sampai dua hari untuk pengerjaannya. Jika sebelumnya, ia
sudah menemukan desain dan konsep yang cocok maka pengerjaannya akan lebih
cepat lagi. Biasanya untuk referensi desain, ia sering mampir ke Pinterest atau
melihat postingan-postingan seputar lettering
yang ada di Instagram. Untuk proses pengerjaan, biasanya ia menggunakan
kertas sketchbook ukuran A5, dan
alat-alat tulis seperti; pensil, pulpen, cat air, penghapus, dan brush pen. Sebelumnya, ia akan membuat
desain di kertas dengan pensil, lalu ditebalkan dengan pulpen, terkadang ia
juga memberi sedikit sentuhan dengan brush
pen supaya lebih cantik, dan terakhir dihias dengan cat air sebagai
pemanis.
Selain menerima order-an untuk pembuatan hand lettering, di bulan Juli lalu,
pernah ada seorang customer yang
minta dibantu juga untuk membuat nama bisnis yang menarik untuk usahanya.
Akhirnya, nama Wiqi Food dipilih untuk bisnis tersebut.
Gambar 5. Gambar
via Instagram @nopi_coratcoret
Bisnis hand lettering yang dijalankan Novia
bisa dibilang cukup berkembang pesat. Selain produk makanan dan minuman, produk
kerajinan tangan (handicraft) seperti
hand lettering ini memang banyak
diburu oleh banyak orang, tak terbatas usia, baik remaja, maupun dewasa,
siapapun tentu suka dengan seni kerajinan tangan ini karena keindahan dari sisi
tulisannya.
Sebagai
seseorang yang menyandang status sebagai Generasi Milenial, Novia menyadari di
zaman yang semakin canggih ini, tentu sudah banyak orang yang mulai beralih
menggunakan media sosial, entah untuk membeli, menjual, atau hanya sekedar
melihat-lihat saja. Karena alasan itulah, selain menjual dengan cara lawas (mouth to mouth), ia juga mempromosikan
produknya di media sosial seperti Instagram. Tak ayal, banyak orang yang
semakin mengenal produk lettering-nya
dari social media tersebut.
Sejatinya, di
era globalisasi ini tentu sudah banyak sekali perubahan yang terjadi. Misalnya
saja, hal yang paling sering ditemui di kehidupan sehari-hari adalah jual beli.
Jika dahulu jual beli dilakukan secara face
to face (langsung), maka saat ini proses jual beli semakin mudah. Tak lagi
harus bertemu secara langsung, proses jual beli serta memasarkan produk, kini
bisa dilakukan lewat media online seperti
social media. Bahkan jika memasarkan
secara online, kita bisa menghemat
biaya-biaya promosi langsung seperti; membagikan brosur, menempel poster, atau
bahkan memasang pamplet.
Salah satu hal
yang perlu diperhatikan dalam memasarkan produk secara online adalah pembuatan content
marketing atau bahasa mudahnya, membuat konten bisnis. Content marketing sendiri adalah sebuah strategi marketing dalam membuat dan menyebarkan
konten yang berharga, relevan, serta konsisten untuk menarik perhatian
sekaligus membangun relasi yang kuat dengan para audiens atau calon customer.
Bisa dibilang, content marketing ini
merupakan kunci dari kesuksesan sebuah bisnis. Content marketing yang menarik tentu akan menarik perhatian para
calon customer, dan akhirnya mereka
akan tertarik untuk membeli apa yang kita jual.
Sebagai seorang
pebisnis muda, Novia juga telah menerapkan content
marketing ini pada bisnisnya meski belum begitu banyak dan beragam.
Beberapa konten yang sudah dibuatnya adalah foto produk, review dari customer,
serta beberapa konten foto menarik lainnya.
Konten review yang
Novia masukkan di akun Instagram bisnisnya berisi tentang review-review dari para customer. Berikut merupakan salah satu review dari customer yang telah order
lettering design untuk hadiah ulang tahun.
Gambar 6. Gambar
via Instagram @nopi_coratcoret
Selain membuat
konten review, Novia juga terkadang
mengunggah beberapa foto di akun Instagram bisnisnya. Terkadang foto bebas yang
tidak ada hubungannya dengan produk miliknya untuk sekedar bersenang-senang.
Misalnya saja seperti foto di bawah ini.
Gambar 7. Gambar
via Instagram @nopi_coratcoret
Suatu hari ia
menemukan botol air mineral yang sudah kosong. Lalu, dengan segudang ide yang
dimilikinya, disulaplah botol kosong tersebut menjadi sebuah karya seni berupa
tempat pensil lucu dan membagikannya di akun @nopi_coratcoret, dengan harapan
kalau langkahnya tersebut akan diikuti dan bisa bermanfaat untuk orang lain.
Lalu ada juga
salah satu foto yang cukup menarik, diunggahnya di akun yang sama. Sebuah quotes dari Aristotle yang berbunyi, “What we have to learn to do, we learn by doing.”
yang ia buat menjadi lettering di
buku jurnal miliknya serta ditambah dengan hiasan-hiasan lucu.
Gambar 8. Gambar
via Instagram @nopi_coratcoret
Keberadaan
sebuah konten dalam pemasaran online
memang sangat menentukan jalannya bisnis tersebut. Di zaman ini, dimana
teknologi semakin canggih, memang banyak sekali orang yang menggunakan media online untuk berbisnis. Beberapa dari
merekapun, sadar akan pentingnya suatu content
marketing dalam pemasaran online bisnis
mereka. Begitupun dengan Novia, selain foto produk, ia juga terkadang
mengunggah beberapa foto di akun Instagram bisnisnya meski tidak banyak.
Karena hal
tersebut, dalam program pengabdian masyarakat ini, Permaisita Tiara mencoba
untuk mendampingi Novia dalam menambah content
marketing tersebut supaya kontennya tidak stuck itu-itu saja. Perkiraan rencana content marketing yang akan dibuat adalah; konten tentang review produk atau tool, quotes, dan puzzle feed Instagram. Selain itu, membantu
membuat slogan bisnis, memberi sedikit masukan untuk mencantumkan akun
Instagram di produk, serta menawarkan ide untuk menambah desain lettering lain seperti lettering quotes.
Dari kesemua
perkiraan rencana tersebut, belum semua dapat dibuat dan diunggah di akun
Instagram bisnis @nopi_coratcoret, dikarenakan suatu hal yang tak bisa
diceritakan oleh Novia. Namun, ia telah diberi pemahaman dan pelatihan singkat
dari rencana-rencana tersebut, hasilnya saat ini Novia semakin mengerti tentang
pentingnya content marketing serta
beragam jenisnya.
Rencana-rencana
tersebut antara lain; konten tentang review
produk atau tool, quotes, dan puzzle feed Instagram, serta menawarkan ide untuk menambah desain lettering lain seperti lettering quotes.
Sebagai bentuk
dari terealisasi-nya rencana tersebut yang berupa pemahaman dan pelatihan. Berikut
ini merupakan contoh tampilan-tampilan yang diambil dari berbagai sumber.
Gambar 9. Gambar via Instagram @letteringdialy
Membuat konten
berupa review suatu produk atau tool tentu akan menjadi selingan yang
menarik. Misalnya saja, saat Novia sedang rehat sejenak dari aktivitas
mendesain lettering karena mencari
ide, ia bisa me-review tool (alat)
atau bahkan produk yang digunakannya untuk membuat lettering. Bisa saja, sebenarnya ada beberapa follower-nya di Instagram yang penasaran dengan alat dan bahan apa
yang ia gunakan untuk membuat lettering secantik
itu. Bisa dikatakan ini juga merupakan salah satu cara untuk menarik customer.
Selain me-review suatu produk atau tool, cara lain untuk menarik perhatian customer adalah dengan menghias feed Instagram sekreatif dan semenarik
mungkin. Hal ini bisa dilakukan dengan menambah postingan berupa quotes sebagai selingan, lalu bisa juga
membuat puzzle feed Instagram. Puzzle feed Instagram sendiri merupakan
teknik desain untuk feed Instagram
yang membuat gambar-gambarnya bisa saling menyambung.
Contoh tampilan puzzle
feed Instagram dapat dilihat pada gambar di bawah ini:
Gambar
10. Gambar
via Instagram @tsurayyastore_hijab
Selain menambah
konten, Permaisita Tiara juga menawarkan ide pada Novia untuk menambah desain lettering lain seperti lettering quotes. Karena biasanya, Novia
hanya mendesain lettering dalam
bentuk request nama-nama dari customer. Contoh desain lettering quotes yang ditawarkan untuk
Novia dapat dilihat pada gambar di bawah:
Gambar
11. Contoh Gambar dari Pinterest
Jika Novia
membuat desain lettering lain,
seperti contoh quotes pada gambar di
atas, mungkin saja bisa semakin menarik perhatian para customer, terutama pemburu quotes.
Bisa dibilang, mungkin tidak semua orang ingin memajang lettering bertuliskan namanya di rumah, sesekali mereka mungkin
membutuhkan sesuatu yang lain seperti kalimat penyemangat, motivasi, ataupun quotes untuk menghias rumah mereka.
Selanjutnya ada
beberapa rencana yang telah terealisasi. Rencana-rencana tersebut meliputi;
membantu membuat slogan untuk bisnis, serta memberi sedikit masukan untuk
mencantumkan nama akun Instagram @nopi_coratcoret di produk.
Sejatinya,
kebanyakan bisnis baik online maupun offline pasti memiliki slogan mereka
sendiri. Slogan (Tagline) merupakan sekumpulan frase atau baris kata yang dapat
mewakili identitas, posisi, dan keunggulan dari suatu produk atau bisnis yang
disusun secara atraktif agar dapat menarik perhatian konsumen. Disini, slogan
menjadi elemen penting yang mencerminkan keunikan suatu produk atau bisnis
tersebut sehingga membuatnya lebih cepat dikenal oleh pangsa pasar.
Karena alasan itulah, Permaisita Tiara
membantu Novia untuk membuat slogan yang menarik, karena sebelumnya bisnis
miliknya ini belum memiliki slogan. Setelah melalui beberapa proses singkat dan
kesepakatan, akhirnya disetujui bahwa slogan untuk bisnis hand lettering design miliknya
ini adalah “Pretty Lettering For
Special One” yang kemudian dimasukkan di akun bio @nopi_coratcoret.
Gambar 12. Gambar via Instagram @nopi_coratcoret
Novia
menginginkan slogan yang menggambarkan bisnisnya secara tepat. Slogan “Pretty Lettering For Special One” memiliki
arti yang cukup mendalam. Ia ingin jika produknya ini diberikan untuk orang
terkasih, baik sahabat, pacar, orangtua, maupun keluarga bisa sangat berkesan
karena nantinya hasil lettering ini
pasti akan dipajang, toh, lettering ini
juga merupakan hasil buatan tangan sendiri (handmade)
bukan hasil dari cetak jadi (print).
Selain desain lettering berbingkai, Novia juga menjual
kartu ucapan dengan gambar bunga cantik yang diberi pemanis berupa tali rami
yang diikat sederhana. Hasil jadi dari lettering
kartu ucapan ini memang sangat cantik dan menarik. Total ada dua lembar
dari satu buah kartu ucapan. Dibagian depan, ada hiasan bunga yang cantik dan
hampir memenuhi seluruh bagian depan kertas, lalu dibagian dalamnya, ditulis lettering sesuai request customer, biasanya berupa ucapan selamat dan nama si
penerima lalu ada nama si pengirim juga.
Semua bagian dan
isinya cukup menarik. Namun ada satu hal yang sepertinya kurang. Biasanya,
beberapa bisnis online kerap
mencatumkan nama akun media sosialnya di produk tersebut. Pencantuman akun
media sosial itu tentu bukan hanya sebagai hiasan saja, tetapi karena memang
ada alasannya. Mungkin untuk menambah customer
atau lainnya.
Dan kebetulan,
diproduk milik Novia, hal tersebut tidak berlaku. Biasanya, ia memang tidak
mencantumkan akun bisnisnya dalam produk tersebut. Sedangkan sejatinya,
pencantuman atau penulisan nama akun bisnis bisa menjadi salah satu strategi
promosi tidak langsung dalam sebuah pemasaran baik itu secara online maupun offline. Karena dengan mencantumkan nama akun bisnis, bisa saja customer menjadi loyal dengan kita jika
pelayanan yang kita berikan pun memuaskan mereka. Atau mungkin, jika suatu saat
ada orang lain atau teman si customer yang
penasaran dengan produk kita, maka dia sudah tahu harus mencari ke mana, selain
bertanya pada temannya itu, bisa juga dia melihat dari akun bisnis yang
dicantumkan diproduk tersebut.
Novia pun, akhirnya memutuskan untuk
mencantumkan nama akun bisnisnya di produk miliknya. Ia menuliskan sendiri nama
akun bisnisnya dengan tulisan tangan agar lebih menarik. Berikut merupakan
salah satu contoh dari pencantuman nama akun bisnis yang ia cantumkan di kartu
ucapan.
Gambar
13. Difoto Sendiri oleh Permaisita Tiara, 11 September
2020, 13:38 WIB
KESIMPULAN
Bisnis hand lettering design memang memiliki banyak peminat, mulai dari
remaja sampai dewasa. Begitupun dengan bisnis lettering milik Novia. Dalam pelaksanaan program pengabdian ini,
bisnis hand lettering Novia
diharapkan bisa menjadi lebih maju lagi dengan beberapa saran dan masukan
rencana-rencana content marketing yang
telah dilakukan dengan sebaik mungkin. Hal-hal meliputi rencana yang telah
dilaksanakan antara lain; membuat review tentang
produk atau tool, quotes, puzzle feed Instagram, membuat desain lettering quotes, serta membantu membuat slogan bisnis, dan
mencantumkan nama akun Instagram diproduk sebagai tanda pengenal.
SARAN
Semoga kedepannya, program pengabdian
masyarakat ini dapat berjalan lebih baik lagi dan semakin bermanfaat bagi
masyarakat desa khususnya dan negara Indonesia pada umumnya.
UCAPAN TERIMA
KASIH
Terima kasih kepada Bapak Andhi Dwi
Nugroho, S.Pd., M.Pd selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), dan Novia Indah
selaku owner dari Nopi_coratcoret
yang telah banyak membantu dalam pembuatan artikel ini, serta segenap pihak
yang telah membantu jalannya pengabdian masyarakat/ KKN ini sehingga dapat
berjalan lancar dengan semestinya dan tanpa adanya hambatan berarti.
DAFTAR PUSTAKA
https://instagram.com/nopi_coratcoret (diakses pada tanggal 1 September 2020, pukul
09.45 WIB)
Artikel
KKN UST. Pengembangan Home Industri
di Desa Sumyang. 1-12.
Garside,
Kesy A., dkk. (2020). Penguatan Aspek Produksi dan Pemasaran Pada Usaha Keripik
Singkong Mix Sayur. Jurnal Pengabdian
dan Pemberdayaan Masyarakat LPIP UMP Semarang. 4 (1). 61-68.
Werdani,
Eri R., dkk. (2020). Pelatihan Pemasaran Produk Homemade Melalui Sosial Media. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan
Masyarakat LPIP UMP Semarang. 4 (1). 1-5.
https://desainerhaus.com/2017/04/07/bedanya-tipografi-kaligrafi-dan-hand-lettering/ (diakses pada 3 September 2020, pukul 10.26
WIB)
https://www.dewaweb.com/blog/strategi-content-marketing-bisnis/
(diakses pada 4 September 2020, pukul 10.25 WIB)
https://instagram.com/tangerang.menulis_
(diakses pada 4 September 2020, pukul 11.24 WIB)
https://glints.com/id/lowongan/apa-itu-content-marketing/ (diakses
pada 6 September 2020, pukul 11.37 WIB)
https://pinterest.com/ (diakses pada 7 September 2020, pukul 09.40
WIB)
https://instagram.com/letteringdialy (diakses pada 9 September 2020, pukul 13.31
WIB)
https://instagram.com/tsurayyastore_hijab (diakses pada 10 September 2020, pukul 13.50
WIB)
Komentar
Posting Komentar